PENGARAHAN GURU & KEMAMPUAN SISWA

 

a. Peran pengarahan guru dan kemampuan siswa

1) Peran pengarahan guru dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis proyek sebagai berikut

  • merencanakan dan mendesain untuk pembelajaran sekaligus membuat strategi pembelajaran yang tepat
  • membuat portofolio pekerjaan siswa
  • membayangkan interaksi yang akan terjadi antara guru dan siswa, dengan tujuan mencari keunikan siswa
  • melakukan berbagai macam penilaian terhadap siswa secara transparan
2). Peran siswa dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis proyek sebagai berikut

  • menggunakan kemampuan bertanya, berfikir serta melakukan riset sederhana
  • mempelajari ide dan konsep baru dalam belajar serta mengaplikasikan hasil belajar lewat tindakan nyata
  • melakukan kegiatan belajar sendiri/kelompok
  • melakukan interaksi sosial seperti wawancara, survei, observasi, dan lain-lain
  • belajar mengatur waktu dengan baik
b. karakteristik pembelajaran berbasis proyek

  • siswa sebagai pembuat keputusan dan membuat kerangka kerja
  • terdapat masalah yang pemecahannya tidak ditentukan sebelumnya
  • siswa sebagai perancang proses untuk mencapai hasil
  • siswa bertanggungjawab untuk mendapatkan dan mengelola informasi yang dikumpulkan
  • melakukan evaluasi secara kontinyu
  • siswa secara teratur melihat kembali apa yang mereka kerjakan
  • hasil akhir berupa produk dan dievaluasi kualitasnya
  • kelas memiliki atmosfir yang memberi toleransi kesalahan perubahan
c. ciri-ciri dan kriteria pembelajaran berbasis proyek
    pembelajaran berbasis proyek bertujuan meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan melalui pembuatan produk
  • Kriteria berkaitan dengan Centrality (keberpusatan): proyek pembelajaran berbasis proyek adalah pusat atau inti kurikulum, bukanpelengkap kurikulum. proyek adalah model pembelajaran, siswa mengalami dan belajar konsep-konsep inti suatu disiplin ilmu melalui proyek.
  • Kriteria PBL berkaitan dengan Driving Question: terfokus pada pertanyaan atau masalah sehingga mendorong siswa menjalani konsep dan prinsip inti atau pokok dari disiplin.
  • Kriteria PBL berkaitan Constructive Investigation: melibatkan peserta didik dalm investigasi konstruktif dengan kemungkinan berupa proses desain, pengambilan keputusan, penemuan masalah, pemecahan masalah.
  • Kriteria PBL berkaitan dengan Autonomi (otonomi siswa): mendorong siswa samapai pada tingkat yang signifikan
  • Kriteria PBL berkaitan dengan Realism (realisme): karakteristik proyek memberikan keotentikan pada siswa
d. Langkah-langkah dalam pembelajaran berbasis proyek
  1. Penentuan Pertanyaan mendasar
  2. mendesain perencanaan proyek
  3. menyusun jadwal
  4. memonitor siswa dan kemajuan proyek
  5. menguji hasil
  6. mengevaluasi pengalaman

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PENGARAHAN GURU & KEMAMPUAN SISWA"

Post a Comment