PENGARAHAN GURU & KEMAMPUAN SISWA
a. Peran pengarahan guru dan kemampuan siswa
1) Peran pengarahan guru dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis proyek sebagai berikut
- merencanakan dan mendesain untuk pembelajaran sekaligus membuat strategi pembelajaran yang tepat
- membuat portofolio pekerjaan siswa
- membayangkan interaksi yang akan terjadi antara guru dan siswa, dengan tujuan mencari keunikan siswa
- melakukan berbagai macam penilaian terhadap siswa secara transparan
- menggunakan kemampuan bertanya, berfikir serta melakukan riset sederhana
- mempelajari ide dan konsep baru dalam belajar serta mengaplikasikan hasil belajar lewat tindakan nyata
- melakukan kegiatan belajar sendiri/kelompok
- melakukan interaksi sosial seperti wawancara, survei, observasi, dan lain-lain
- belajar mengatur waktu dengan baik
- siswa sebagai pembuat keputusan dan membuat kerangka kerja
- terdapat masalah yang pemecahannya tidak ditentukan sebelumnya
- siswa sebagai perancang proses untuk mencapai hasil
- siswa bertanggungjawab untuk mendapatkan dan mengelola informasi yang dikumpulkan
- melakukan evaluasi secara kontinyu
- siswa secara teratur melihat kembali apa yang mereka kerjakan
- hasil akhir berupa produk dan dievaluasi kualitasnya
- kelas memiliki atmosfir yang memberi toleransi kesalahan perubahan
c. ciri-ciri dan kriteria pembelajaran berbasis proyek
pembelajaran berbasis proyek bertujuan meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan melalui pembuatan produk
- Kriteria berkaitan dengan Centrality (keberpusatan): proyek pembelajaran berbasis proyek adalah pusat atau inti kurikulum, bukanpelengkap kurikulum. proyek adalah model pembelajaran, siswa mengalami dan belajar konsep-konsep inti suatu disiplin ilmu melalui proyek.
- Kriteria PBL berkaitan dengan Driving Question: terfokus pada pertanyaan atau masalah sehingga mendorong siswa menjalani konsep dan prinsip inti atau pokok dari disiplin.
- Kriteria PBL berkaitan Constructive Investigation: melibatkan peserta didik dalm investigasi konstruktif dengan kemungkinan berupa proses desain, pengambilan keputusan, penemuan masalah, pemecahan masalah.
- Kriteria PBL berkaitan dengan Autonomi (otonomi siswa): mendorong siswa samapai pada tingkat yang signifikan
- Kriteria PBL berkaitan dengan Realism (realisme): karakteristik proyek memberikan keotentikan pada siswa
d. Langkah-langkah dalam pembelajaran berbasis proyek
- Penentuan Pertanyaan mendasar
- mendesain perencanaan proyek
- menyusun jadwal
- memonitor siswa dan kemajuan proyek
- menguji hasil
- mengevaluasi pengalaman
0 Response to "PENGARAHAN GURU & KEMAMPUAN SISWA"
Post a Comment