Mengenal jaringan komputer (internet)

     sahabat ecompedia sekalian, pada artikel kali ini kita akan belajar mengenal apa itu Jaringan komputer dan perangkat-perangkat yang berkaitan dengan jaringan komputer. sejak berpindahnya teknologi modem analog ke modem broadband membuat kecepatan semakin baik dengan kehadiran teknologi DSL. dimana layanan DSL menggunakan Modem untuk mengakses internet dan layanan satelit menggunakan adaptor satelit. 

    jenis modem yang menggunakan Satelit seperti modem GPRS, GSM, modem CDMA, modem HSDPA, UMTS, dan Wimax 4G. manfaat di bangunnya jaringan komputer antara lain penyimpanan file terpusat ( file server ) yang dapat saling berbagi, memudahkan backup data, mendapatkan data secara cepat, memberi peluang pemakaian aplikasi secara bersama-sama oleh multiuser, dapat melakukan sharing file maupul Folder, yaitu pemakaian file atau direktori secara bersama-sama. 

Jenis-jenis perangkat keras untuk mengakses internet yang umum digunakan:

1. Kartu jaringan (NIC)

NIC (Network Interface card) memberi peluang menghubungkan kabel ethernet dari accesse point ke komputer.



2. Modem  
Modem merupakan perangkat keras pada jaringan komputer untuk menghubungkan LAN (Local area network) dengan jaringan internet yang mengubah komunikasi 2 arah dari sinyal digital menjadi sinyal analog atau sebaliknya.

Modem Wifi


3. Wired Acces Point  
Sebuah komputer yang menggunakan NIC dan kabel Ethernet agar bisa terkoneksi ke acces point, maka dapat di kategorikan sebagai Wired Acces Point. media ini menggunakan kabel sebagai media transmisi untuk mengakses internet.

4. Wireless Wired Acces
    salah satu jenis perangkat keras internet yang memiliki fungsi menghubungkan ke acces point tanpa menggunakan koneksi fisik. misalnya mengakses internet dari laptop menggunakan jaringan wifi.











Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal jaringan komputer (internet)"

Post a Comment