Cara MENGATUR FONT (Ms. Word)

           Hallo Sobat ECOMPEDIA... gimana kabarnya? semoga sehat selalu, lancar belajarnya, dan lancar rezekinya, amin. sahabat sekalian seperti janji saya pada postingan sebelumnya yang berjudul "FUNGSI MENU HOME" bahwa di artikel selanjutnya (yaitu artikel saat ini) akan di bahas lebih detail fungsi yang ada di Sub menu FONT. Sub menu Font sendiri merupakan salah satu bagian di dalam Menu HOME, karena di dalam menu home sendiri ada clipboard, font, paragraph, styles, dan editing. nah baiklah sahabat sekalian kita mulai saja pembahasan apa saja fungsi dan kegunaan yang ada di sub menu Font:
  1. FONT SIZE,   pada bagian ini kita dapat mengatur size atau ukuran font (tulisan) kita, kita bisa atur sedemikian rupa besar kecil dari tulisan kita. untuk mengakses cepat Font Size kita dapat menggunakan kombinasi tombol (Ctrl + Shift + P) di keyboard.
  2. FONT, nah pada bagian ini kita dapat mengatur type atau jenis tulisan yang ingin di gunakan dalam tulisan kita, contoh ada Arial, calibri, times new roman, dan lainnya. untuk mengakses cepat Font kita dapat menggunkan kombinasi tombol (Ctrl + Shift + F) di keyboard.
  3. BOLD, pada bagian ini kita dapat membuat tebal tulisan kita, Bold ini di tandai dengan ikon huruf B tebal pada tampilan menu, bisa juga di akses cepat dengan kombinasi tombol (Ctrl + B) pada keyboard.
  4. ITALIC, bagian menu ini kita dapat membuat tulisan bercetak miring, italic ini di tandai dengan ikon huruf I pada tampilan menu, bisa juga di akses menggunakan kombinasi tombol (Ctrl + I) pada keyboard.
  5. UNDERLINE, pada bagian ini kita dapat membuat tulisan + garis bawah di tulisan tersebut, contohnya seperti ECOMPEDIA , untuk akses cepatnya menggunakan kombinasi tombol (Ctrl + U) pada keyboard.
  6. INCREASE FONT SIZE, pada bagian ini hampir sama fungsinya dengan FONT SIZE, namun pada bagian ini yang bisa kita lakukan adalah memperbesar ukuran font saja. untuk mengakses cepatnya (Ctrl + >) pada keyboard.
  7. DECREASE FONT SIZE, pada bagian ini fungsinya hanya memperkecil tulisan saja,  untuk akses cepatnya menggunakan (Ctrl + <) pada keyboard.
  8. CHANGE CASE, pada submenu Change Case ada beberapa submenu lagi yaitu: Sentence case, lowercase, UPPERCASE, Capitalize Each Word, tOOGLE cASE. nah sahabat sekalian bisa cek model tulisan dari Sentence case sampai tOOGLE cASE, pasti kalian bertanya, kok seperti itu modelnya...? nah baiklah Sentence case (huruf awal dari tulisan akan berubah menjadi besar, tapi bukan huruf awal per kata ya), lowercase (semua huruf menjadi kecil), UPPERCASE (semua huruf menjadi kapital/besar semua), Capitalize Each Word (huruf depan per kata akan menjadi besar), tOOGLE cASE (huruf depan per kata menjadi kecil, lalu huruf sesudah huruf depan menjadi besar)
  9. STRIKETHROUGH, membuat efek coretan di bagian tengah huruf contohnya seperti apa
  10. SUBSCRIPT, membuat angka ke dua seperti pangkat, tapi pangkatnya di bawah huruf, akses cepatnya (Ctrl + =)
  11. SUPERSCRIPT, membuat pangkat seperti matematika akses cepatnya (Ctrl + Shift + +)
  12. FONT COLOR, mewarnai font sesuai dengan warna yang kita inginkan.


untuk mempermudah penjelasan diatas, kita sertakan juga gambar beserta keterangan perbagian di submenu Font di bawah ini. klik saja jika gambarnya kurang jelas.
bagaimana sahabat sekalian? semoga membantu, jika kalian suka dengn artikel ini silahkan di share ke teman-teman kalian. salam edukasi..

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara MENGATUR FONT (Ms. Word)"

Post a Comment