A. TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI


Microsoft Corporation dan Apache Software Foundation merupakan perusahaan perangkat lunak terbesar di dunia dan keduanya bersaing ketat dalam merancang perangkat lunak aplikasi. Microsoft Office adalah merupakan paket aplikasi perkantoran yang di buat Microsoft dan di rancang untuk di jalankan di bawah Windows OS. microsoft office resmi diluncurkan pada 19 November 1990 dengan nama Office for Windows yang disebut sebagai Ms. Office 1.0 yang di rilis bersamaan dengan windows 2.0.
versi office pertama kali di rilis berisi Word 1.1, Excel 2.0, dan Power Point 2.0. sebelum adanya office 1.0, isi dari paket Office di jual secara terpisah untuk MS-DOS, dan alat input utamanya hanyalah keyboard, karena pada masanya Mouse adalah sesuatu yang tidak dimiliki oleh semua orang. pada tanggal 4 maret 1991 menandakan rilisnya microsoft office 1.5 dimana pada paket ini mereka meningkatkan versi excel menjadi excel 3.0.

1. Faktor Integrasi Antaraplikasi office
         integrasi adalah saling keterkaitan antar subsistem sehingga data dari satu sistem                secara rutin dapat melintas, menuju atau diambil oleh satu atau sistem yang lain.

a. mekanisme mengintegrasikan aplikasi

  1. Pemanggilan prosedur (function), apliaksi yang akan melayani harus menyediakan mekanisme agar bisa di panggil aplikasi lain. 
  2. Messaging, aplikasi saling terhubung satu sama lain dengan bertukar pesan.
  3. Sharing database, pengirim dan penerima menggunakan database sebagai media pertukaran data.
  4. File Transfer, mekanisme ini biasanya format file dan struktur data di dalamnya sudah di tentukan. demikian juga lokasi penyimpanan file dan aturan penamaannya.
b. Aplikasi Office terintegrasi
     banyak aplikasi software yang kian berkembang untuk mempermudah pekerjaan kantor. saat ini komputer dapat mudah dijumpai di setiap kantor, perusahaan, sekolah atau bahkan rumah tangga. beberapa aplikasi office yterintegrasi diantaranya sebagai berikut.
  1. Micrososoft Office, microsoft office adalah perangkat lunak dari Microsoft yang dirancang untuk dijalankan di bawah Windows OS dan Mac OS. untuk versi terbaru saat ini ada Office 2019 yang diluncurkan pada semester kedua 2018 (1 oktober 2018).
  2. Corel WordPerfect Office,  software WordPerfect Office X9 memiliki banyak fitur, seperti mencetak ke file PDF, Enhanced Reveal Codes, eBook Publishing, dan The Paradox Database managementsystem.
  3. Apache OpenOffice, merupakan office suite yang dikembangkan oleh StarDivision yang akhirnya pada bulan agustus tahun1999 di akuisisi oleh Sun Microsistem yang selanjutnya di akuisisi oleh Oracle pada tahun 2010.
  4. WPS Office, termasuk jenis Office suite, untuk linux, windows, dan Android yang fungsinya sama dengan Microsoft Office.

Subscribe to receive free email updates:

8 Responses to "A. TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI"

  1. Robby Kavin Nahsiri, kelas ipa 1

    ReplyDelete
  2. Nama : Ahmad Rofiqi
    Kelas: X Agama 5

    ReplyDelete
  3. Nama:Muhammad hadi prayoga
    Kelas: X agama 5

    ReplyDelete
  4. Nama: Akmal Roby Syadana
    Kelas:X Agama 3

    ReplyDelete
  5. Nama:M.Fadhil Andrian P.
    Kelas:X IPA 1

    ReplyDelete
  6. Nama : Muhammad danil mahbubi
    Kelas: X Agama 3

    ReplyDelete
  7. NAMA. : Muhammad Nasrullah Halid
    KELAS : x IPS 1

    ReplyDelete