FREEZE PANES (Membekukan Baris dan Kolom)

Assalamualaikum wr wb

    hallo sahabat ecompedia...! bagaimana kabarnya nih? semoga kalian selalu sehat, lancar belajarnya dan tentunya lancar rejekinya. amin

    pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari salah satu fungsi microsoft excel, yaitu membekukan kolom yaitu menggunakan freeze panes. freeze panes ini sangat bermanfaat bagi kita utamanya jika kita bekerja dengan data dalam jumlah banyak, karena dengan freeze panes bagian tertentu akan kita bekukan, semisal kita punya data siswa sebanyak 100 siswa, kita ingin menyeleksi satu persatu data tersebut tanpa menghilangkan kolom pertama yang berisi judul atau bagian paling penting dalam menyortir atau menyeleksi data siswa sebanyak 100 tersebut

    sahabat-sahabat sekalian pasti tau aplikasi microsoft excel?.... aplikasi yang sering digunakan di lingkungan kerja, pendidikan maupun kantor secara umum.
kali ini akan kami share salah satu trik dalam microsoft excel  yaitu Freeze Panes, dimana Freeze panes ini berfungsi untuk membekukan Baris atau kolom di dalam microsoft excel sehingga bagian kolom atau baris tertentu tidak akan ikut bergerak jika kursor atau kolom di geser ke kiri atau ke kanan. nah sahabat-sahabat sekalian silahkan simak penjelasan di bawah ini dengan seksama.

Langkah langkah menggunakan Freeze Panes sebagai berikut:

1. pertama-tama tentunya sobat ecompedia sekalian sudah punya file hasil kerja     di excel...😆

2. kedua sahabat letakkan kursor kolom sebelah kanan dari file yang akan di            Freeze/di bekukan

3. ketiga sahabat Klik Menu VIEW --> cari  FREEZE PANES --> lalu pilih FREEZE        PANES

4. lalu sahabat bisa lihat hasilnya seperti  pada gambar di bawah ini ya.


Langkah-langkah menggunakan Freeze Panes

    sahabat ecompedia sekalian, sebelum kalian melakukan langkah langkah di atas, pastikan terlebih dahulu kalian sudah mempunyai data yang siap untuk di oleh menggunakan freeze panes, sehingga kalian bisa langsung melakukan langkah-langkah diatas.

    penulis pernah menerapkan teknik di atas ketika mengolah nilai semester siswa, kebetulan jumlah siswa di tempat penulis bekerja sekitar 1.200 an siswa, sehingga bisa di bayangkan jika kita mengolah nilai sebanyak itu dengan manual. berhari-hari pasti tidak akan selesai. tapi dengan menggunakan teknik di atas bisa mempersingkat waktu mengolah nilai.

    demikian penjelasan Freeze Panes kali ini, semoga bermanfaat bagi sahabat yang membaca artikel ini. jika terdapat pertanyaan silahkan kalian tulis di kolom komentar di bawah ini.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "FREEZE PANES (Membekukan Baris dan Kolom)"

Post a Comment